Pasang Favorite Icon di Browser?? Why Not!

Anda pernah melihat icon yang muncul disebelah URL website pada address bar browser? Jika pernah, itu disebut favicon. Tutorial ini akan menjelaskan pada anda bagaimana cara anda memasang favicon pada website.

Favicon

Favicon merupakan singkatan dari “Favorites Icon”. Favicon pertama kali dipopulerkan karena kemunculannya pada Favorite Folder didalam browser Internet Explorer. Tetapi sekarang browser-browser seperti Netscape, Opera dan Mozilla dapat menampilkan favicon di address bar. Favicon merupakan file icon (.ico) yang kecil. Kenapa kecil? karena ukurannya hanya 16×16 pixel.

Buat file favicon.ico

Karena favicon.ico merupakan file icon, maka anda memerlukan software untuk dapat membuat icon. Ada banyak macamnya salah satunya adalah Axialis Icon Editor dan Gif Movie Gear, keduanya bisa mengubah file photoshop (.psd) langsung menjadi file .ico. Karena ukurannya yang kecil yaitu 16×16, maka anda tentu sangat sulit berkreasi dan membuat icon dengan ukuran seperti itu. Cara yang paling gampang adalah dengan membuatnya dengan ukuran yang agak besar, kemudian anda stretch ke ukuran 16×16. Tetntu saja anda perlu sangat kreatid agar icon anda yang berukuran kecil tetap sedap dipandang. Setelah icon anda jadi simpanlah dengan nama favicon.ico.

Memasang favicon.ico

Simpanlah file favicon.ico di root direktori dari website anda. Oh iya saya pernah mengalami beberapa kasus web hosting tidak bisa membuat favicon bekerja. Jika anda menemui masalah ini email saja web hosting anda untuk menanyakan masalahnya. Tetapi sebagian besar web hosting dapat menampilkan favicon. Setelah file favicon.ico anda tersimpan dengan baik , anda perlu memanggilnya melalui kode HTML diantara tag <head>. Anda perlu menggunakan kode berikut ini:

<link rel="Shortcut Icon" href="favicon.ico">

<html> <head> <title>Judul Website</title> <link rel="Shortcut Icon" href="favicon.ico"> </head> <body></body></html>

 

Sekarang buka browser anda dan periksalah favicon anda akan muncul disebelah URL anda. Perlu di ingat jika anda menggunakan Internet Explorer 6 kebawah favicon hanya muncul jika anda telah memasukkan website anda ke folder favorites. Atau untuk mudahnya anda gunakan saja Opera atau Mozilla atau Internet Explorer 7 Beta yang semuanya telah dapat memunculkan favicon pada address bar.

Mungkin favicon terlihat sederhana, tetapi dapat membuat website anda terlihat sedikit lebih menarik

6 Responses to “Pasang Favorite Icon di Browser?? Why Not!”

  1. mantab bener

  2. Cah Website Says:

    Kalo kita pasang Fav Icon type filenya apa harus ico? bisa ga kalo gif ato yang lain mas?

  3. Gag, bisa gif kok, inget2 size aja.

  4. Mardziyant Says:

    bisa aja kita pake selain .ico, malah sekarang ada yang lebih mudah buat favorite icon secara online. jadi ada yang menyediakan layanan membuat favicon, kita tinggal masukin file gambarnya, nanti layanan tsb yg generate sendiri. bisa animasi juga koq..http://www.genfavicon.com

  5. mas” mau nanya tolong aku kasih urutan membuat iconnya lewat axilias dunk aku dah buat tapi jadinya koq gag jelas ukurannya 16×16 px kan ?tolong ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: