Membuat Website Itu Mudah…

“Setiap Orang Khan Punya Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing” Kalimat itulah yang sering dimunculkan ketika seseorang merasa kesulitan dan sudah menyerah pada sebuah aktivitas atau kegiatan. entah memang benar punya kelebiahan dan kekurangan atau sekedar alasan alias pembenaran belaka🙂

Memang betul setiap orang punya bakat masing-masing, namun ada hal-hal standar yang sebetulnya semua orang punya dan bisa lakukan. seperti salah satunya aktivitas membuat website. ada manusia-manusia yang mengaku kaum Informatika tapi saat diminta membuat web, argumennya adalah kelebihan saya bukan di website sehingga tidak mau mengerjakan.

OC..untuk memecahkan alasan yang blunder tersebut, coba akan koe tuliskan langkah sederhana membuat website. Persenjataan yang dibutuhkan adalah software pengolahan citra (Photoshop atau sejenisnya), Web Editor (Dreamwaver atau sejenisnya) kalau ndak punya ya pakai text editor sakti (Notepad)🙂.

Langkah pertama :
Buka Persenjataan pertama yaitu photoshop. pada langkah ini kita akan membuat desain tampilannya, jadi disini dibutuhkan mata yang teliti untuk menggambar, jari tangan yang dapat menggerakan mouse🙂.
Pertanyaannya, berapa ukuran canvasnya? untuk ukuran canvas agar lebih mudah kita capture saja browser. buka salah satu browser pada lalar dengan resolusi 1024x768px (gunakan resolusi aman alias standar).


Setelah dicapture dengan PrtScr, buat canvas baru di photoshop (ukuran akan otomatis sehingga tidak perlu dirubah lagi). paste kan capture tadi ke canvas.


kemudian Crop gambar pada area halaman (tujuan kita untuk mendapatkan hanya area yang akan terisi halaman web).

Langkah Kedua:
Silahkan anda berkreasi dihalaman itu, kalau bingung harus seperti apa gambarnya coba cari-cari website yang tampilannya menurut anda nomor wahid, top markotop alias numero uno🙂. Jadikan website itu sebagai inspirasi anda gunakan metode yang sudah tidak asing lagi yaitu ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Langkah Ketiga :
Setelah selesai berkreasi, langkah selanjutnya adalah membagi-bagi gambar menjadi bagian-bagian kecil. gunakan tools slices (ada di dalam tools crop). Potonglah gambar yang sudah selesai tadi sesuai kebutuhan.

Langkah Keempat :
Masuk ke File-> save For Web & Devices, Klik Save, Save as Type (Html and Images), Settings (XHTML)

Langkah Kelima :
Ini bisa menjadi langkah terakhir, tapi bisa juga bukan langkah terakhir. Apabila langkah keempat sudah berstatus completed, silahkan menuju ke TKP dimana file tadi disimpan. bukalaha file berekstensi html atau htm atau xhtml kita dengan browser dan….tadaaaaaa kita sudah punya halaman website. mudah tho…mbuat website🙂 kalau masih kurang puas, bisa web kita itu diutak atik lagi pakai persenjataan kedua yaitu web editor atau kalau ada gambar yang masih perlu diperbaiki, bisa diedit lagi di photoshop dan di save ulang.

One Response to “Membuat Website Itu Mudah…”

  1. hehe ok deh …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: